Tuesday, October 25, 2016

Pulau Sumba, Surga Yang Mulai Tersibak 2 : Batu Bolong

Pantai Batu Bolong yang unik. Bolongnya karang itu alami, buka dibuat manusia.

Sambungan dari entry sebelumnya KLIK SINI

Di Pualau Sumba sebenarnya ada pantai sangat indah yang ingin saya kunjungi. PANTAI NIHIWATU. sayang sekali, pantai nihiwatu tidak bisa diakses sembarang orang. Pantai ini hanya bisa dinikmati oleh tamu resort atau hotel Nihiwatu. Dan tidak mudah untuk jadi tamu hotel Nihiwatu, selain daftar antrinya panjang, harga sewa kamarnya pun sangat mahal. Konon harga termurahnya sampai 8jt/malam. Ngeri dengernya euy..hehe. Maklum, Hotel Nihiwatu adalah hotel terbaik di dunia tahun 2016 versi majalah travel leisure, pasti malah, pasti ngantri.


Ngak apa-apa lah ngak ke Pantai Nihiwatu juga. Masih banyak pantai unik lainnya di Pulau Sumba. Pantai Batu Bolong salah satunya. Teman saya orang Sumba nyebutnya Pantai Batu Gawang. Letak Pantai Batu Bolong ini masih dekat dengan Pantai Watu Melandong. Mungkin kalau bisa menelurusin lewat bibir pantai jaraknya sekitar 2 km. Tapi karena bibir pantainya ngak bisa dilewatin, karena curam dan ngak ada jalan, jadinya harus muter cari jalan. Apalagi kita bawa mobil. Ngak sampai 30 menit waktu tempuh dari Watu melandong ke Batu Bolong, pakai mobil. Melewati jalan aspal dan jalan tanah.

Di Pantai Batu Bolong, mobil ngak bisa parkir di bibir pantai. Mobil di parkir di padang ilalang. Perlu jalan kaki menuruni tebing karang untuk sampai ke Pantai Batu Bolong kurang lebih 500 m. Dekat saja. Turunnya sih enak. Baliknya lagi yang bikin mengap-mengap. Pas balik curamnya tanjakan terasa banget. Tapi capenya terbayar lunas dengan pemandangan yang sangat eksotik. Sangat indah. Sayang air laut waktu itu sedang pasang dan gelombang sangat besar. Kami ngak bisa turun lebih jauh ke Batu Bolong.

Rumah orang Sumba. Sangat sederhana. Anjing dan Babi banyak berkeliaran di halaman rumah mereka.

Bahkan teman saya orang Sumba pun sempat nyasar mencari jalan ke Pantai Batu Bolong.

Mobil hanya bisa sampai sini. Dari sini perjalanan ke bibir pantai harus jalan kaki menuruni tebing curam menuju Batu Bolong.

Jalan kaki 300 m, Pantai indah mulai kelihatan dari atas bukit.

Ombak lautnya agak besar.

Kalau air laut sedang surut, pasir putih di bibir pantai tidak sesempit itu.

Walaupun indah tak terbantahkan. Tapi pantai ini masih sangat sepi. Bahkan satu-satunya gazebo yang adapun cuma rombongan kami yang pakai..hehe.

Batu Bolong ada di bawah gazebo ini.

Demi selfie, nekat turun walaupun ombak besar.


Puas rasanya bisa sampai ke Pantai Batu Bolong. Pantai yang bersih, sepi, unik, indah, dan masih jarang dikunjungi. Walaupun panas terik, hampir sejam juga kami di Pantai yang indah ini. Belum puas rasanya menikmati pantai ini. Sayang waktu terbatas, ngak sempat untuk nikmati sunset di Pantai batu Bolong.

Bersambung.....................................

18 comments:

  1. Rp8j/night? err dapat terbang ke Sumba pun sudah sangat2 bersyukur..hal penginapan, buka tenda aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih gitu Mbak Zilla. makanya saya ngak berharap lagi bisa ke Nihiwatu. Masih banyak pantai lain yang eksotik dan gratis di Sumba. Pantai batu bolong itu ya salah satunya yang gratis.

      Delete
    2. Masalah utama di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya masih rawan untuk main tenda, musti bersama rombongan yang agak besar biar aman...

      Delete
    3. Baru tahu kalau di Sumba kurang aman Mas Baktiar. Sejak turun bandara, keluar masuk desa, saya lihat orang sumba ramah-ramah semua.

      Delete
  2. Replies
    1. Iya Pak Lim. Cantik dan Unik karena bolongnya itu simetris, seperti buatan manusia

      Delete
  3. saya pun suka gazebo yang sangat unik. lain dari yang pernah saya tengok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gazebo di atas batu bolong itu sangat sederhana, atapnya dibuat dari daun alang-alang. Memang tradisional banget Pak Lim.

      Delete
  4. Banyak pantai cantik di Indonesia yang masih belum dikenali... Yang terbaru katanya Pantai Pulai Kera di Kupang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak pantai di Timur Indonesia yang cantik-cantik. Tapi ongkos pesawat terbang ke sana mahal Pak Mie. Jadi masih jarang wisatawan ke sana.
      Yang saya dengar bukan Pantai Pulai Kera Pak Mie. Tapi Pulau Kera. Pulau Kecil di sebrang Kota Kupang.

      Delete
  5. Di Miri Sarawak juga ada batuan seperti batu bolong tapi berbentuk seakan kepala kuda yang sedang minum air...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik sekali ada batuan seperti kepala kuda sedang minum pak Mie. Baru dengar juga saya.

      Delete
  6. Sumba Barat Daya bener2 punya pantai yang keren-keren, ini salah satu pantai yang aku belum kunjungi sampai saat ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunjungilah Mas Baktiar, mumpung sepi dan gratis..hehe

      Delete
  7. Dulu beberapa kali ke Sumba,, tapi belum pernah ke pantai ini... :(

    anyway Nihiwatu jg pgn bgt dulu kesana, tapi aaaah,, tak terjangkau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rugi mas Bara kalau ke Sumba ngak ke pantai batu bolong. terlalu indah untuk dilewatkan..hehe.

      Delete
  8. wah ... airnya benar-benar bening banget

    ReplyDelete
  9. airnya bening tapi ombaknya kuat jadi ngak berani renang Mas Ilham

    ReplyDelete