Thursday, March 3, 2016

Liburan KL 2016 : Asyiknya keliling KL naik Bus Hop-On Hop-Off

Jalan Kaki dari Hotel Prescott ke KL Sentral. Mencari Halte Bus Hop-on Hop-off



Lanjutan dari sini KLIK

Banyak cara untuk berwisata menikmati KL. Kali ini saya coba menikmati KL dengan naik bus wisata. Bus hop-on hop-off namanya. Harga tiket bus ini cukup mahal. Tepatnya sangat mahal..hehe. Harga tiketnya RM.35,- per orang untuk dewasa dan RM17,- per orang untuk anak-anak. Kurang lebih seratus ribuan rupiah untuk dewasa dan lima puluh ribuan rupiah untuk anak-anak. Tiket ini berlaku untuk seharian penuh naik bus Hop-on Hop-off.



Ada puluhan destinasi wisata yang dilalui bus ini. Bus ini akan berhenti di halte khusus yang dinomorin sesuai urutan destinasinya. Kita boleh turun dan menikmati setiap destinasi sepuas-puasnya. Jangan takut ketinggalan bus. Karena kita bisa naik bus hop-on hop-off yang datang berikutnya. Kalau destinasi yang dilewati tidak cukup menarik buat kita, kita juga boleh tidak turun. Diem saja di bus, lanjut ikut ke destinasi berikutnya. Jadwal operasional bus ini mulai dari jam 8.30 pagi sampai jam 21.00 malam waktu setempat.

Dari sekian banyak destinasi, memang hanya beberapa saja yang menjadi favorite wisatawan untuk dikunjungi diantaranya Menara Petronas, Dataran Merdeka, Kawasan Bukit Bintang, Menara KL, China Town dan Istana Sultan atau National Palace. Tapi destinasi paling banyak wisatawan turun naik bus ini  tetap di KL Sentral. KL Sentral ini bukan destinasi wisata, tapi hub semua jenis transportasi umum di KL. LRT, MRT, Bus ke bandara, Bus reguler, Bus rapid, Monorel, semua kumpul di KL Sentral. Saya pun naik bus hop-on hop-off startnya dari halte no 11 di KL Sentral. Karena dekat dengan hotel tempat saya menginap, hotel Prescott.

Beberapa destinasi yang sempat saya kunjungi yaitu National Palace, Dataran Merdeka, Menara Petronas, Menara KL dan Central Market. Hanya 5 destinasi dari 23 destinasi yang dilewati bus hop-on hop-off. Sebenarnya rugi juga bayar mahal-mahal kalau cuma berhenti di 5 destinasi saja. Tapi tujuan saya memang bukan destinasinya saja, tapi lebih menikmati naik bus hop-on hop-off nya itu sendiri.

Bus hop-on hop-off adalah bus tingkat. Dimana di tingkat atas sebagian tempat duduknya dibiarkan terbuka. Jadi bisa menikmati semilir angin KL dan pemandangan Kota KL tanpa halangan. Tapi kalau sudah lewat tengah hari, duduk di ruang terbuka jadi kepanasan. Lebih nyaman duduk di tingkat bawah bus. Atau di tingkat atas yang ruangannya tertutup. Full AC. Adem banget dan bikin ngantuk. Anak-anak saya suka banget duduk di tingkat atas di ruang terbuka. Keren katanya. Maklum ini baru pertama kali anak-anak saya naik bus tingkat model terbuka kayak gitu.  Saya juga suka banget sih naik bus ini, dan baru pertama kali juga, hehe.



Bagian Utama Gedung KL Sentral.



Calon Penumpang Bus Hop-On Hop-Off di halte no 11 KL Sentral.
Peta Jalur Bus KL Hop-On Hop-Off. Ada 23 Destinasi yang Dilalui.
Inilah Penampakan Bus Wisata KL Hop-On Hop-Off. Keren kan ?

Mesjid Nasional KL. Hanya lewat saja. Kami ngak turun di sini

Panasnya....

Melalui kawasan Bukit Bintang. Kawasan ramai wisatawan.
Bus yang kosong. Asyik buat anak-anak hilir mudik di atas Bus.
Kawasan Little India.

Akhirnya anak-anak juntai. Kecapaian kali.



Sampai matahari mulai terbenam, kami masih setia di Bus Hop-on Hop-off


Bersambung......................

18 comments:

  1. Replies
    1. sekali sekali cobalah naik bus ini Pak Lim. asyik banget..

      Delete
  2. berbaloi ke tak dengan wang yang dilaburkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mahal harga tiket bus ini. Tapi sangat asyik lah kalau untuk pertama kali mencoba, Pak Lim.

      Delete
  3. Huahuahua naiknya di atas :-D
    Seru banget ini hehehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... panas sih tapi memang seru, Mas Rullah.

      Delete
  4. Saya pun belum naik lagi bus ini... malu dengan Gun... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain dong Pak Mie. Asyik banget....hehe

      Delete
  5. RM35 pergi temat2 ni je - National Palace, Dataran Merdeka, Menara Petronas, Menara KL dan Central Market...sgt MAHAL sbb Central Market dan Dataran hanya 5 min dari KL Central..bagi JM mmg x berbaloi..klaau tahu mas nk ke sini dan nak ke tempat2 tu JM leh bawak jln2 FREE je

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal ngak apa-apa Mbak JM, kan tujuannya menikmati naik bus hop-on hop-off. waduh..central market dan dataran merdeka hanya 5 menit dari KL Sentral ? jalan kaki tuh ? dekat banget ya. Kok kalau naik bus kayak jauh juga.

      Delete
  6. Wah saya 2 taun lalu ke KL sm Ibu, cuma liat aja bis hop on hop off ini yah krn dulu masih baru2 nya kerja. Budget minim bgt buat keliling KL dan SIN. Nah taun depan mau ke KL lg sm suami, mesti nabung yah brati buat beli tiket hop on hop off ini. Hahaha lumayan mahal 40 MYR per org (aku cek di webnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Baru kemarin sdh naik harganya ya bu Lia

      Delete
  7. pak mau tanyak apakah ada jam 2 malam bus dari kl sentral ke KLIA2?karena saya take off jam 7 pagi dari KLIA2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya jam 11 malam terakhir Pak. Saya sama juga jam segitu takeoffnya jadi nginep di bandara. Banyak spot buat tidur kalau kita backpacker Pak.

      Delete
  8. Maaf mau tanya, tiket bus itu berlaku 24jam sejak kita beli atau cum sehari saja? Jadi semisal saya sampai KL jam 4sore trus beli tiketnya, cm berlaku sampai jam 9malam atau berlaku sampai jam 4sore hari berikutnya? Terima kasih

    ReplyDelete
  9. Hai kalau saya transitnya jam 5 sore sampai 6 pagi. Apa masih bisa naik bus untuk city tour di KL?
    Terima kasih

    ReplyDelete