Thursday, April 30, 2015

Liburan di Kota Kinabalu 2 (Rumah Terbalik)

Rumah Terbalik, Kota Kinabalu, Sabah.



Lanjutan dari entry sebelumya klik sini

Saya berdua sama istri liburan di Kota Kinabalu (KK) hanya sebentar. Berangkat hari Jumat tanggal 27 Pebruari 2015 dan pulang hari Minggu tanggal 29 Pebruari 2015. Ya hanya 3 hari saja. Waktu yang sangat sempit untuk mengexplore semua tempat menarik di KK dan sekitarnya. Bagaimanapun, kami manfaatkan waktu yang ada semaksimal mungkin untuk bisa mengunjungi dan menikmati objek wisata menarik di KK sebanyak-banyaknya. 

Kami take off dari Bandara Soetta Jakarta jam 5.30 WIB dan tiba di terminal 2 bandara KK jam 9.00 WM. Penerbangan Air Asia yang lancar. Tidak ada delay. Bahkan tiba 15 menit lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Harga tiket Jkt-KK Rp1.200.000,- PP seorang. Lumayan murah. tapi bukan yang termurah. Oh ya, penumpang kabin ternyata hanya sedikit. Ini adalah pengalaman pertama saya naik pesawat dengan penumpang kurang dari 50% dari kapasitas kursi yang tersedia. Biasanya kemana-mana naik pesawat minimal hanya 3 baris kursi belakang yang tersisa. Ini hampir semua deret kursi dari sayap sampai ke belakang kosong. Rute penerbangan Jkt-KK yang masih sepi rupanya.


Terminal 2 Bandara KK

Menuju konter imigrasi. Hanya sedikit penumpang Jkt-KK.
Bagian depan terminal 2 Bandara KK

Proses check paspor di konter imigrasi sangat lancar dan cepat. Keluar terminal, kami sudah ditunggu oleh John. Driver yang akan mengantar kami seharian pada hari pertama di KK. Hari pertama saya sengaja sewa mobil, untuk hemat waktu, karena destinasi yang ingin dituju cukup jauh dan kurang transport publik. Kundasang. Harga sewa mobil sedan RM280,- atau sejuta lebih selama 8 jam. Mahal sekali. Tapi kata Mbak Zilla (blognya klik sini) harga sewa mobil segitu termasuk murah. Ya memang murah, karena sewa mobil yang lain penawarannya diatas RM350,- per hari atau per 8 jam. Bagi teman-teman yang mau sewa mobil di KK silakan hubungi Kak Fina +601114811464 atau +60198820464. Rekomended banget Kak Fina ini. Rosponsif dan peramah.

Destinasi yang akan dikunjungi selama 8 jam ke Kundasang dan sekitarnya, saya serahkan ke John. tapi yang jelas Desa Dairy Farm wajib dikunjungi. Untuk destinasi pertama, John ajak kami ke "Rumah Terbalik". Tiket masuk rumah terbalik RM18,- atau sekitar RP60.000,- per orang. Agak mahal untuk tempat wisata yang tidak terlalu luas dan tidak terlalu banyak atraksinya. Rumah terbalik letaknya pinggir jalan menuju Kundasang. Masih dekat KK. Sekitar 8 Km gitu lah dari KK ke rumah terbalik. 

Selama kita di lokasi rumah terbalik, kita akan dipandu oleh guide resmi yang menerangkan semua asal usul tentang rumah terbalik dan cerita menarik lainnya dibalik rumah terbalik. Oh ya, pengunjung tidak dibenarkan ambil foto di bagian dalam rumah terbalik. Pengambilan foto-foto hanya boleh dibagian luar saja. Kenapa ya ?

Harga tiket masuk Rumah Kebalik

Konter beli tiket Rumah Terbalik

Rumah terbalik. Hebat arsiteknya, bikin rumah bisa terbalik.

Mobilnya juga terbalik. 

Kamar mandi dan toiletnya pun terbalik. Untung wc-nya kering. Kebanyang kalau ada airnya. Tumpah ke muka...hehe.

Pot bunga yang terbalik juga.

Hanya setengah jam saja kami di rumah terbalik. Setengah jam lebih dari cukup untuk kami mengelilingi rumah terbalik. Penjalanan dilanjutkan. John mengajak kami ke Kinabalu Park. Jarak tempuh lumayan jauh. Hampir 2 jam dari rumah terbalik. Sebelum sampai Kinabalu Park, John berhenti di pasar seni atau pasar kerajinan tangan. Letaknya lupa dimana, kalau tidak salah di Sandakan. Tidak terlalu banyak barang yang menarik untuk dibeli di pasar itu. Saya hanya beli buah nanas yang sudah dikupas dan buah jambu air. Manis banget nanasnya. Enak dan seger. Jambu airnya juga manis. Seger banget. 

Jalanan yang berkelak-kelok menuju Kundasang. Agak berdebu karena sedang musim kemarau di Sabah.

Belanja oleh-oleh di pasar seni. Pasarnya agak sepi pembeli waktu itu.

Nanas ini manis banget. Enak dan nyegerin.

Barang jualan di pasar seni. Cocok buat oleh-oleh. harga agak mahal dibanding barang sejenis di pasar Philipina KK.


Selesai beli nanas dan jambu air di Pasar seni, perjalanan dilanjutakan ke Kinabalu park
bersambung ..........

41 comments:

  1. Kok yo bisa bikin kayak gitu ya.. Nggak kepikiran haaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma iseng-iseng doang katanya mas Rullah. eh malah menarik pengunjung. jadinya dijadikan tempat wisata.

      Delete
    2. Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual MBAH…Angka MBAH EROK PRANAL Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu NomoR MBAH EROK PRANAL..Saya coba beli Paket 4D ternyata Tembus…dan Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib MBAH EROK PRANAL…Yang SaYa Minta Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer MBAH EROK PRANAL 085 377 797 151.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

      Delete
  2. Sudah beberapa kali sampai di Kota Kinabalu, tapi masa itu rumah terbalik belum ada lagi. Wah nampaknya mas Gunadi sampai duluan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ke kinabalu lagi dong Pak Mie. jangan-jangan kalau ke Kinabalu lagi Pak Mie sesat, karena Kota kinabalu sdh banyak berubah..hehe.

      Delete
  3. kira-kira kalau masuk kedalam itu rumah kudu terbalik juga gak ya..hehe..!!
    unik dan hebat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak Cicak dong Mbak Devy..hehe

      Delete
    2. takutnya mas, soalnya kan isi dalam rumah itu juga kan terbalik, ntar kita masuk malah ketimpa isi dalam rumah itu lagi, misalnya seperti itu pot yang terbalik, kan takut kejatuhan gitu, hehe..!!

      Delete
    3. kebayang emang Mbak Devy pas diatas toilet kalo ada airnya...tumpah ke muka dong..xixi

      Delete
  4. Ohhh.. Gun pulang malah akak barusan sampe.. ama karyawan.. stay di Kundasang.. di Mesilau Nature Resort tu.. dingin banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget kalo nginap di Kundasang Kak Yan. saya juga ingin memginap di Kundasang pasti dingin banget. sayang sekali waktunya terbatas. harus ke sana lagi kayaknya..hehe.

      Delete
  5. iseng banget sih yang buatin tuh rumah mas, pertama buka postingan ini saya mau komeng: mas itu upload fotonya kebalik, eh setelah dibaca memang tentang rumah terbalik..
    oke banget ni mas nya udah sampe kota kinabalu, traveller sejati deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat lah yg punya ide bikin rumah terbalik. masuk ke dalamnya kita serasa jadi cicak mas Yudi. lihat meja kursi dan barang barang pada kebalik semua...hehe.

      Delete
    2. foto interior dalemnya kok gak di share mas Gun?
      gak bole bawa kamera ya ke dalem ya?

      Delete
    3. maksudnya itu supaya mas nya pakai Spy Cam yang kaya kancing baju sprti di film2 itu loh mas, haha.. :D

      Delete
    4. dan btw, saya sukses follow blognya mas Gun yang isinya bikin NGIRI semua soal jalan2nya.. :P

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. sayang memang bagian dalam ngak boleh difoto mas Yudi. Spy Cam ? ngak punya euy. itu foto foto semua juga hanya pakai kamera digital yg biasa mas Yudi.

      Delete
  6. ooom, rumah kebaliknya fantastic bgt.. om gak pengen bikin rumah kebalik kyak gitu tah biar aq gak jauh2 ke kinabalu buat ngeliat rumah kyak gitu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus mas Agus. kayaknya ngedesain rumah kebalik gampang deh. bikin saja desain rumah biasa terus kertasnya diputer.
      tapi yg saya kurang yakin, tukangnya bisa ngak mengeksekusinya...hehe. tukang saya, bikin rumah biasa saja dah repot apalagi bikin rumah kebalik...xix

      Delete
  7. Balik lagi yuk. Pengen banget naik gunung Kinabalu nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal naik ke kinabalu mas Adie. sejuta sehari. Mikir mikir lagi saya dgn ongkos yg mahal mah. sayang uang...hehe

      Delete
  8. Sewa mobilnya cukup mahal ya. Tiket masuk rumah terbalik juga cukup mahal. Mahal mungkin karena kurs mata uang Malaysia terhadap rupiah cukup tinggi.
    Oleh2 khas KK apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, memang harga sewa mobil di KK mahal. harga segitu juga sdh dapat survey dan bandingin harga juga. termurahnya ya segitu lah..hehe.tapi kalau makanan mah kayaknya standar saja mas Alris.

      Delete
  9. Nanasnya bikin pengen beliiii, ah rumah terbaliknya ini bikin penasaran :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas Salman ke kinabalu. beli nanas..hehe.

      Delete
  10. banyak kali jugak baca blog post tentang rumah terbalik ni... tp masa pergi dulu, x pernah pulak tahu kewujudannya.. menarikkan? sngat menarik...;) Nanas tu tengok warnanya pon dah tau manis...he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum dibangun barangkali waktu Bu Farikica sewaktu ke sana.

      Nanas itu memang manis lah seperti saya Bu Farikica..hehe.

      Delete
  11. rumah terbalik tu sebuah je kan Mas...boleh masuk tak dalam tumah tu walaupun x leh foto..sbb belum pernah ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak JM, rumah terbalik itu cuma satu saja se kampung itu, rumah sekitarnya tak ada yang terbalik, normal saja...xixi.

      Betul lagi Mbak JM. kita boleh masuk rumah terbalik tanpa harus ikut terbaik tapi sayang ngak boleh ambil foto di dalam.

      Delete
  12. perasan tak..no plat kereta tu J bukan SA..J - Johor dan SA for Sabah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mobilnya impor dari Johor Mbak JM. Ngak mungkin mobil itu kena tsunami dari Johor sampai ke Sabah. Gurau saja..hehe

      Delete
    2. kih kih kih ntah2 owner rumah terbalik tu dari Johor

      Delete
    3. satu je? hurmm...x berbaloi kalau bayar RM18 tu...local byr RM10 un bagi JM still x berbaloi..ntah2 rumah tu yang kena tsunami itu sebab terbalik....hihihih

      Delete
    4. wah.. mbak JM kurang tahu seni rupanya. memang hanya orang orang berjiwa seni tinggi saja yg boleh menjiwai seribu makna dari rumah terbalik ini...hehe. bayaran jadi terasa murah, kalau tahu betapa berseninya rumah terbalik ini.

      Delete
  13. Bandara nya ngak berubah, aku pikir sudah lebih bagus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. khususnya terminal 2 yg belum berubah mas Cumi. kalau naik MAS turun terminal 1 yg lebih baru dan bagus.

      Delete
  14. Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual MBAH…Angka MBAH EROK PRANAL Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu NomoR MBAH EROK PRANAL..Saya coba beli Paket 4D ternyata Tembus…dan Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib MBAH EROK PRANAL…Yang SaYa Minta Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer MBAH EROK PRANAL 085 377 797 151.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    ReplyDelete
  15. mau tanya drivernya mbak itu orang KK kah ?kalo iya ada nomor handphone ?

    ReplyDelete