Saturday, September 19, 2015

Makan Besar Bersama Keluarga Besar di Ah Poong Bogor

Ah Poong, Sentul City Bogor

Dua minggu kebelakang, kami kedatangan family dari kampung. Keluarga Besar. Keluarga mertua, keluarga orang tua, paman-paman, tante-tante, sepupu-sepupu, ponakan-ponakan, pokoknya lengkap lah. Mereka kumpul di rumah kami di Bogor untuk menghadiri wisuda istri saya di UI Depok. 

Besoknya setelah acara wisuda selesai, sebelum pulang ke kampung, mereka saya ajak makan-makan di Ah Poong, Sentul City. Sekali-sekali ngajak family dari kampung makan besar di tempat jajanan terbesar di Bogor, ngak ada salahnya kan ? ngak setahun sekali ini..hehe. 


Segala makanan tradisional dari seluruh penjuru Indonesia, sebagaian besar ada di Ah Poong. Dari mulai Mie Aceh, Pempek Palembang, Sate Padang, Cotto Makasar, Gudeg Jogja, sampai Sate Madura semua ada. Minuman seluruh penjuru Daerah juga ada. Es Doger Bandung, Es pisang ijo Makassar, Londre Jogja, apa lagi ya..? macam-macam lah. Semua ada. Semua enak-enak, sekali lagi semua makanan dan jajanan di Ah Poong enak-enak. Yang ngak enak bayarnya saja. MAHAL.... hehe. Mie Kocok Bandung, kalo biasanya saya beli di Bandung hanya Rp20.000,- per porsi besar, di Ah Poong harganya Rp35.000,- bedanya Rp15.000,-

Mungkin yang bikin mahal, lokasinya dan kemewahan tempat makannya. Menurut cerita yang tahu bener tahu tidak, Semua makanan dan jajanan yang ada di Ah Poong sudah dicoba dan lolos uji pak Bondan Prakoso, pembawa acara kuliner di TV yang suka bilang "MAKYUSS". Pak Bondan juga konon yang membuat konsep tempat jajanan Ah Poong ini. Ah Poong ini pada awalnya berkonsepkan Floating Market. Mungkin karena aliran sungainya agak deras, jadi pedagang yang pakai perahu di sungai kesusahan menjajakannya. Jadi sampai sekarang ngak ada lagi pedagang yang jualannya di perahu. Semua jualan di jongko.

Melihat keluarga besar gembira diajak makan-makan di Ah Pong ini, membuat saya bahagia. Taman yang luas, jembatan gantung yang banyak, aliran air sungai, danau dan suasana tempat makan yang unik, membuat keluarga besar dari kampung ngak bosan. Betah mereka berlama-lama di Ah Poong. Buat anak-anak, ada fasilitas naik perahu gratis di danau sebelah atas. Naik perahu sambil ngasih makan ikan mas yang banyak banget di danau, bikin anak-anak senang.

Oh ya, sistem pembelian makanan atau jajanan di Ah Poong cukup unik. Kita perlu beli kartu dan diisi voucher sebanyak kita mampu. Setiap kita beli makanan atau jajanan di Jongko, kartu akan digesek oleh penjual makanan itu. Voucher kita pun berkurang senilai harga makanan yg kita beli. Kalau voucher sudah habis dan kita masih ingin beli makanan, voucher bisa kita isi ulang lagi di counter. Jangan khawatir, kalau nilai voucher masih nyisa, bisa diuangkan kembali dengan kartu-kartunya di counter. Praktis kan ?


Jembatan gantung. Tarikan lain Ah Pong.

Entah apa nama mainan ini. Yang penting bikin anak-anak riang gembira.

Banyak patung-patung unik di sekitar Ah Poong.

Skywalk. Penghubung ke tempat parkir mobil.
Ngasih makan ikan mas di danau Ah Poong

Siang-siang memang nikmatnya makan es.

Sop Sumsum tulang yang enak dan mahal.

Es dari Bandung. Enak...

Kupat Tahu dari Bandung bertetangga dengan Soto Padang. dua-duanya makanan favorit saya

Es Singapur saya ngak coba. Takut ngak cocok.

View Ah Poong dari sebrang sungai
Ke Ah Poong harus agak pagi. Kalau mau masih kebagian kursi. Kalo kesiangan apalagi sore, dijamin ngak kebagian kursi. Penuh sesak.


Mie Kocok Bandung tetap pilihan saya. Walaupun ngak semakyus Mie Kocok yg di Bandung.

Es Doger Bandung juga tetap pilihan saya diantara banyaknya jenis es yang ada di Ah Poong.

Ini Dia Mie Kocok dan Es Doger pilihan saya. Wajib coba kalau ke Ah Poong.
Patung Robot. Tempat favorit anak-anak berfoto.

Anak dan Sepupu.

Pulang melewati jembatan kuning
Bersama keluarga besar dari kampung. Perut kenyang hatipun senang.

Bagi kalian yang suatu saat ke Bogor, jangan lupa mampir ke Ah Poong di Sentul City. Kalau ke Ah Poong, bawa mobil sendiri dan parkiran penuh, mobil bisa diparkir di Mesjid Andalusia. Dari situ tinggal jalan kaki ke Ah Pong. Kalau ke Ah Poong mau naik umum, bisa naik Bus Trans Pakuan dari Terminal Damri Baranang Siang. Turun di Belanova. Dari Belanova jalan kaki agak jauh naik Skywalk. Nyebrang jembatan kuning baru sampai di Ah Poong.







13 comments:

  1. Kenapa tempat makan itu di panggil Ah Poong mas Gunadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ah poong itu berasal dari kata apung Pak Mie. karena konsep awalnya memang pasar terapung (floating market).

      Delete
  2. Replies
    1. Wajib coba tuh sop sumsum tukangnya Mabk Ratna. Makyuss...hehe

      Delete
  3. Baru sekali main ke tempat ini. Tempatnya boleh lah buat makan, pemandangannya juga menarik. Cuma kadang kalau datang pas weekend, overcrowded.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan weekend mas Cipu. Weekday juga kalo agak sorean rame banget.

      Delete
  4. Replies
    1. iya Kak Nieda, semua enak-enak tapi mahal-mahal...hehe.

      Delete
  5. Replies
    1. Ya, sama seperti kel. Pak Lim. Keluarga bahagia dunia akhirat.

      Delete
  6. Semoga hubungan kalian kekal sampai ke Jannah.

    ReplyDelete
  7. patungnya keren-keren, unik semua..

    ReplyDelete