Tuesday, February 18, 2014

Yang Menarik di Malaka

Malaka adalah kota warisan dunia yg diakui oleh UNESCO. Kotanya tidak terlalu luas dan bisa diexplore dalam seharian dengan jalan kaki saja. Apa saja yang menarik di Kota Tua ini;

1. Gereja Merah;
Gereja tua ini bercat merah makanya disebut Gereja Merah. tempat ini cocok buat nongkrong-nongkrong saja. di sini juga ada becak wisata yang meriah bisa disewa keliling kota tua Melaka dengan ongkos Rp50.000 kalo gak salah. mahal kan ? emang di Jogja bisa Rp10.000 doang ..hehe. jangan salah, naik becak disini full musik dangdut.. waktu aku naik becak itu diputarin lagu dangdut "Salah Alamat" mantaff...
di sebrang Gereja Merah warisan dunia abad 17 mohon koreksi kalau salah. gak masuk ke gereja karena gak dibuka untuk umum, cuma nampang doang di depannya.

2. Gereja Runtuh
hehe..maaf kalo ngerusak nama Gereja ini. bukan maksud apa-apa, lupa nama Gereja ini, tapi memang Gereja ini hanya tinggal reruntuhannya saja. Gerejanya warna putih dan berada tepat dipuncak bukit paling tinggi di Malaka. Gereja Runtuh ini tinggal jalan kaki saja dari Gereja Merah, ya paling hanya 500 m saja jalan kaki naik bukit.
ini keadaan di dalam gereja, atapnya gak ada jadi panas. gereja ini kecil saja dan tinggal reruntuhannya saja tapi memang arsitekturnya unik juga.

3. Jalan Jongker
jalan ini tempat mangkalnya pedagang kaki lima. di sini banyak makanan tradisional Malaysia yang enak-enak dan banyak juga barang oleh-oleh yang murah-murah. kalau ke Malaka jangan lupa kunjungi jalan Jongker ini ya.. dijamin gak rugi. Oh ya, saya masuk ke jalan jongker ini adalah tidak sengaja, tersesat bareng istri waktu cari teman-teman, eh malah masuk ke jalan yang memang asyik buat jalan-jalan. istilahnya tersesat dijalan yang benar. iri juga teman-teman gak tersesat ke jalan ini. hehe. Oh ya Jalan jongker ini dekat saja dengan gereja merah jalan kaki gak sampai 300 m kayaknya tinggal nyebrang jembatan sungai Malaka langsung sampai.
Ini pojokan jalan jongker. jalannya yang sisi kiri foto ini.

4. Sungai Malaka
Kota Malaka dibelah oleh sungai kecil namanya sungai Malaka. sungai ini dijadikan tempat wisata yang romantis gitu. padahal tadinya kata orang-orang situ kotor dan bau. dengan misi yang kuat untuk menjadikan Malaka kota wisaata yg romantis, sungai ini telah disulap jadi sungai yang bersih dan gak bau. SALUT. mungkin sungai Cikapundung di Bandung dan sungai Krukut di Jakarta bisa nyontoh revolusi sungai ini. Oh ya di sungai ini ada perahu yang bisa
ni dia view sungai dari atas, indah kan ? ya ngak bersih-bersih amat sih, tapi lumayan lah masih layak untuk nongkrong-nongkrong gitu.
ini suasana menyelusuri sungai malaka pakai boat..romantis gitu. jarak tempuh ada kali 2 km sebalik. tiket lupa berapa ringgit. tapi gak mahal lah, mungkin sekitar Rp30.000

5. Menara Tamingsari
Menara tinggi yang bisa dinaiki dari bawah dan berputar-putar pelan-pelan sehingga dapat melihat kota Malaka secara keseluruhan. silahkan coba naik menara ini. gak naik rugi toh. harga tiket juga murah, pemandangan juga  indah. kalau beruntung ketika cuaca sangat cerah, dari menara ini bisa juga lihat pulau sumatera.
menara tamingsari dari jauh. silakan lihat sisi kanan foto ini, yang tinggi kurus itulah menara tamingsari. foto diambil dari jalan menuju gereja runtuh
pemandangan dari atas menara tamingsari Holiday Inn, sungai malaka dan selat malaka. indahnya tata kota Malaka.
Dataran Pahlawan Mall, dilihat dari atas menara tamingsari. jalan yang lebar dan sepi. nyaman sekali dilihat mata.
Masih banyak sebenarnya tempat-tempat menarik di Malaka ini, tapi 5 tempat menarik di atas adalah berrada dalam satu kawasan kota tua Malaka dan bisa dijelajahi semuanya hanya dalam waktu setengah hari saja. silakan kunjungi Malaka kota tua yang tenang, indah, damai, nyaman, dan romantis..hehe.

No comments:

Post a Comment