Tuesday, March 7, 2017

Danau Kaolin, Kerusakan Lingkungan yang Jadi Objek Wisata di Belitung


Danau Kaolin Belitung

Belitung sejak dulu terkenal dengan tambang timahnya. Bapaknya Ikal di Film Laskar Pelangi ceritanya juga seorang pekerja tambang timah. Coba perhatikan kalau pas naik pesawat terbang mau mendarat di Pulau Belitung, lihat ke bawah, banyak danau-danau berwarna hijau toska, atau berwarna biru terang, atau berwarna hijau muda. Kelihatannya memang sangat indah. Tadinya saya pikir itu danau alami, ternyata itu adalah areal bekas pertambangan timah terbuka yang tergenang air. Orang sana menyebutnya Danau Kaolin.

Begitulah, areal bekas tambang timah itu, bukannya direklamasi malah dibiarkan saja. Yang bikin lebih heran lagi, sekarang malahan danau-danau itu dijadikan tempat wisata. Tapi jujur, danau kaolin bekas tambang timah ini memang sangat indah dan unik. Tanah atau pasir sekeliling danaunya berwarna putih dan air danaunya berwarna hijau toska. Kombinasi yang keren. Kalau kalian ke Belitung jangan lewatkan kunjungi danau kaolin, dan lihat langsung keunikannya.


Pasir Kaolin hasil kerukan. Bahan timah.

Dilarang berenang di danau kaolin.

Sudah kayak di gurun pasir.

Jangan coba-coba lewati pagar alakadarnya ini.

Indah kan ? Sayang cuaca mendung, kalau cuaca cerah, warna danau lebih ngejreng lagi.

Sebenarnya di sini ada gazebo buat sekedar duduk-duduk, lupa ngak keambil fotonya.

Lumayan luas danau kaolin yang saya kunjungi.

Kelihatan seperti danau alami.

Di Belitung, ngak usah bingung cari lokasi danau kaolin ini dimana, Danau ini banyak sekali tersebar di seantero Pulau Belitung, ukuran kecil maupun besar. Ngak ada bayaran masuk ke kawasan danau kaolin, tapi hati-hati, jangan terlalu dekat ke bibir danau. Tanahnya labil dan gampang longsor. Jangan sampai kecemplung Danau. Kalau mau view danau yang sempurna, datang ke Danau pas tengah hari pas matahari sedang terik-teriknya. Warna hijau toska air danau akan terlihat lebih ngejreng.


12 comments:

  1. Replies
    1. keindahan sisa kerusakan lingkungan Mas Rullah. Lumayan buat nambahin destinasi wisata Belitung.

      Delete
  2. Apa yang menjadikan airnya berwarna seperti itu Gun. Di tempat saya airnya jenih dan biru... tapi dalammm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna air itu karena kandungan kaolin pasir timah Pak Mie. memang dalam bekas tambang timah itu.

      Delete
  3. Replies
    1. boleh dibawa pulang pasirnya Pak Lim kalau berminat..hehe

      Delete
  4. Kerusakan alam, sungguh disayangkan. Tanah tidak akan kembali subur, perlu bertahun-tahun untuk mengembalikan seperti semula.
    Pemandangan akibat salah urus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi sudah jadi bubur Mas Djangkaru. Mungkin daripada direklamasipun butuh waktu berpuluh tahun dan belum tentu kembali semula, mereka jadikan tempat wisata dan menghasilkan uang..hehe

      Delete
  5. Warna air tu membuatkan ia nampak lebih cantik..ada bau x

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya tidak bau apapun. airnya cantik tapi membahayakan, Mbak JM.

      Delete
  6. air danaunya benar-benar sangat indah, apalagi jika di lihat saat cuaca cerah.. :)

    ReplyDelete
  7. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta tetap saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Elena karina Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete