Tuesday, April 1, 2014

Liburan Asyik ke Phuket (Part 2 : Fantasea Show)

Fantasea show (sumber : Google)

Minggu yang sibuk. Baru selesai tugas dinas ke Palembang, terus ujian tesis master (alhamdulillah lulus juga), dilanjut lagi dinas luar ke Yogyakarta. Dinas luar kota memang bikin cape tapi tetap memberikan pengalaman baru yang indah.

Ok, saya akan lanjutkan pengalaman liburan asyik ke Phuket. Setelah selesai dari PhiPhi Island Tour, rombongan kembali diantar sama operator tour sampai ke Hotel. Start jam 4 sore dari Chalong pier sampai hotel sekitar jam 6.30, padahal jam 7.00 jadwal dijemput operator tour fantasea show. Hanya ada waktu 30 menit untuk mandi, sholat dan makan. Cowok gampang, Ibu-ibu ini yang agak susah, waduuhh... 30 menit ngak cukup untuk dandan bergaya. Tepat jam 7.00 operator tour fantasea show sudah jemput kita. Semua sudah siap, saatnya kita lihat show terbesar di dunia. Lokasi pertunjukan fantasea show adalah di Pantai Kemala, sekitar 30 menit dari Pantai Phatong tempat kita nginap. Lumayan jauh juga.


Tiba di halte, nunggu giliran masuk ke tempat pertunjukan

Depan pintu masuk.
Tempat pertunjukan fantasea show ini luas banget, ada tempat game, ada restoran terbesar di dunia, ada gedung pertunjukannya yang buueesaarrrr dan luuuaaasssss. Besarnya gedung pertunjukan fantasea show kira-kira sebesar dosa kaum musyrik lah ?? hehe..ngak nyambung. Ok, Setengah jam berlalu, kita disuruh masuk sama operator tour. Sebelum lihat show kita makan dulu di restoran terbesar di dunia.

Depan pintu masuk restoran Golden Kinnaree.

Halaman luar restoran Golden Kinnaree. Didominasi patung-patung khas Thailand berwarna kuning emas


Bagian dalam restoran. Ini baru seperempat bagian restoran. Restoran ini memang besaaaarrrr banget. Katanya bisa nampung 3.000 orang dalam waktu makan yang berbarengan.

Makan di sini ala-ala Buffet. Menu super lengkap dan makan sekenyangnya.

Termasuk dalam paket fantasea tour yang 1.000 bath/person itu adalah makan di restoran Golden Kinnaree yang sangat besar. Makanan sangat banyak dan bervariasi dari yang halal, kurang halal, agak halal dan tidak halal...lengkap pokoknya. Masing-masing group diberikan nomor meja tersendiri. Khusus untuk muslim ada tempat makan yang halal, jadi jangan salah ambil menu ya. Insya Allah makanan halal yang tersedia juga sudah sangat banyak, dijamin ngak bakalan kehabisan. Berbagai olahan daging sapi, daging ayam dan daging-daging lainnya tersedia dengan rasa khas India. Enak juga rasanya walaupun agak-agak aneh gitu. Buah-buahan juga lengkap. Makanan penutup lengkap, banyak variasi kue-kue, kue basah, kue kering ada semua. Vasiasi minuman juga banyak banget pilihannya. Pokoknya sejam di tempat makan ini pun tidak semua makanan sanggup tercobai. Dijamin bakalan kekenyangan. Terus terang saya kagum dengan sistem manajemen restoran ini, walaupun pengunjung ribuan jumlahnya, tapi bisa terlayani dengan baik dan tertib. Semua kebagian kursi, semua kebagian meja, semua kebagian makanan. Setelah semua kenyang. Saatnya menuju tempat pertunjukan Fantasea Show di sebrang restoran ini. Sesi kedua Show dimulai jam 8.30 apa jam 9.00 gitu lupa..hehe. Group kita memang kebagian sesi show yang kedua, jadi makan dulu baru nonton  show. Kalau yang kebagian sesi pertama, nonton show dulu baru makan. pilih mana ?

Gedung megah di belakang fotomodel yang cantik itu adalah tempat pertunjukan fantasea show. Gedungnya agak-agak menyeramkan gitu. dan kelihatan bangunan lama. Padahal memang konsepnya dibikin seperti bangunan abad dulu kala, biar kena aura mistiknya.

Gajah-gajah yang akan ikut tampil di panggung teater masih berkeliaran di halaman. Gede banget gajahnya.

Sebagian penari-penari yang akan manggung di fantasea show dengan pakain tradisional Thailand. Sempat taruhan ini gadis asli atau gadis hasil evoluasi yang sempurna ?? hehe. Wallohualam

Yang bikin kurang sreg bagi saya, semua penonton dilarang bawa kamera dan HP ke dalam tempat pertunjukan. Ngak tahu apa alasannya. Jadi jalannya pertunjukan tidak dapat didokumentasikan. Payah juga aturan ini. Namanya juga aturan di negara orang, kita turutin saja kan ? tapi yang bikin enek banget, eh ternyata penonton sebelah bisa bawa HP ke tempat pertunjukan dan seenaknya jeprat-jepret ambil foto pas lagi pertunjukan berlangsung dan aman-aman saja tuh. Hadeeuuhhhh...SUMPAH bikin KEKI saja.

Pintu teater untuk show kedua dibuka jam 08.30 (lagi-lagi kalo ngak salah). Ribuan pengunjung langsung antri berdesak-desaakan. Pintu pertama suruh tunjukin tiket. Masuk pintu kedua suruh serahin kamera dan HP. Masuk pintu ketiga suruh foto dengan penari/pelakon/pemain yang akan show termasuk foto dengan binantang, harus bayar euy..hehe. Rupanya ini alasannya ngak boleh bawa kamera, supaya kita bayar pas ingin ambil gambar di pintu ketiga ini..hadeeuuuhhh...segitunya usaha cari uang. Kayaknya group kita ngak satu pun yang ambil kesempatan foto-foto disitu. Miskin amat ya ??? hehe.. ngirit euy. Uang terbatas. Setelah itu, baru masuk gedung utama teater. Masa Allah.... gedung teaternya luaaasssss aaammaattttt.... katanya mampu menampung 3.000an pengunjung. Group kita kebagian tempat duduk paling kiri agak depan. Posisi yang kurang strategis. Yang bikin aku salut, hapir semua kursi yang tersedia penuh terisi penonton. Keren kan ?

Patung putri duyung versi Thailand ?

Tempat Jam 09.00 pertunjukan di mulai. Rombongan pemain tidak tiba-tiba keluar di panggung tapi masuk ke pangggungnya melalui lorong-lorong di tempat penonton. Masuk dari samping kanan dan kiri penonton. barisan terdepan adalah pasukan bergajah. Terus pasukan prajurit, gila banyak bener pemain yang mau tampil, ratusan ada kali. Dengan diiringi alunan musik tradisional Thailand dan terompet melengking pasukan bergajah, suasana memang agak mencekam, aura mistiknya dapet banget. Tapi habis itu dilanjutkan dengan tarian kontemporer dengan alunan musik dinamis yang menurut aku jadi merusak aura mistik itu sendiri. Jadi agak garing gitu. Salah satu adegan yang paling lucu adalah rombongan binatang yang ikut tampil sangat atraktif. Binatangnya bukan harimau atau gajah saja. Kerbau, kambing, bahkan ayam juga ikut tampil. Kepikiran ngak sih gimana melatih ayam-ayam biar bisa tampil di panggung teater ?? hebat kan ??


Patung dewa-dewi Thailand. Posisi kaki dan tangan memang khas selalu seperti itu.

Patung hanoman bertangan 4 ? lupa ngak nanyain ke orang sana


Setelah 2 jam lamanya, show selesai juga. Semua penonton keluar dari pintu yang berbeda-beda. Banyak pintu keluar masuk yang disediakan. Pintu keluar diarahkan ke tempat ambil HP dan kamera. Lagi-lagi saya salut dengan manajemennya. Segitu banyak barang dititipkan, segitu banyak orang yang keluar, kok bisa terlayani dengan baik dan cepat. Tidak perlu nunggu lama dan satu pun ngak ada yang komplain kehilangan atau ketukar barangnya. Jempol deh dengan kerja profesional mereka.

Ya, begitulah serba sedikit tentang Fantasea show ini. Ada lagi show yang terkenal di Phuket, Cabaret Show. Kalau ini shownya wanita-wanita cantik dan seksi. Kurang kena dengan selera group kita yang banyak Ibu-ibunya. Bukan apa-apa, wanita cantik dan seksi yang jadi pemain Cabaret Show ini rupanya hasil evolusi..hehe... tapi memang mereka sudah berevolusi dengan sempurna sehingga ngak bisa dibedakan, kecuali dipegang itunya kali...kkkk kkkk.... sorry just kidding.

4 comments:

  1. FantaSea Show mmg best tapi sayang ngak boleh bawak masuk KAMERA kan..udah tentu lah ibu2nya mau ber makeup-makeup dulu mmg ambil masa...mau cantik dong heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak JM tapi ada juga yang nekad bawa mobile phone dan ambil gambar selama show. ngak ada masalah tuh. jeles sangat. oh ya Ibu-ibu memang perlu bermakeup-makeup biar kelihatan cantik biar dapat bule hensem ?? hehe.... termasuk Mbak JM ya ?

      Delete
  2. Saya suka shownya..sungguh terhibur terutama dengan ayam-ayam yang berjalan berderet-deret.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak Lim, sampai saat ini saya masih tak faham, macam mana tuh ayam-ayam boleh dilatih sampai bisa ikut show dan beraksi dengan baik sesuai skenario ?

      Delete