Friday, March 7, 2014

Pangandaran Part 1 (Pantai Madasari)

Mungkin tidak banyak yang tahu dimana itu pantai Madasari. Pantai indah ini terletak di desa Masawah kecamatan Cimerak kabupaten Pangandaran. pantai Madasari dapat ditempuh dari Pangandaran sekitar 1 jam menggunakan mobil/motor pribadi. sarana angkutan umum ke pantai ini memang agak terbatas alias susah. Dari Pangandaran kita bisa menuju Cimerak menggunakan jalan raya yang cukup baik melewati objek wisata Pantai Batu Hiu dan Green Canyon (nanti diposting juga). Alternatif 1 dari Cimerak bisa lurus ke Legokjawa terus belok kiri ke Bulakbenda dan Madasari. Alterrnatif 2 dari Cimerak bisa langsung belok kiri ke desa Masawah terus ke Bulakbenda dan Madasari. Perjalanan dari pangandaran ke Cimerak sekitar 30 menit, dan dari Cimerak ke pantai Madasari kurang lebih 30 menitan juga (baik lewat Masawah maupun lewat Legokjawa). saran saya kalau mau ke pantai Madasari lebih baik ambil jalur Legok Jawa karena jalan sepanjang Legok jawa ke Madasari adalah di pinggir pantai dan pemandangan sangat indah.



ombak besar dan gugusan karang menjadi ciri khas pantai Madasari

pemandangan dari pinggir jalan aspal. indah menawan

pulau karang di belakang ini ada namanya tapi saya lupa, jernihnya air laut, eksotiknya gugusan karang dan tingginya gulungan ombak di pantai Madasari adalah perpaduan ciptaan-Nya yang sangat indah

diantara batu karang yang besar

berlarian di pantai yang luas dan sepi

diantara gugusan karang-karang pantai Madasari ini kita bisa mencari kerang-kerang kecil berbagai bentuk, cocok untuk hiasan aquarium atau sekedar untuk mainan anak-anak

pasir hitam yang halus, sayang ombak terlalu ganas untuk bisa dipakai berenang.

matahari terbit di pantai Madasari... indahnya ciptaan Tuhan.
Berhubung pantai Madasari ini bukan pantai wisata, jadi agak susah menemukan toilet, rumah makan apalagi hotel. Saat ini pengunjung pantai Madasari kebanyakan adalah orang Bule yang mau selancar saja. Dengar kabar katanya nanti akan dibangun jalan dari pantai Batukaras ke pantai Madasari. Kalau jalan itu jadi terealisasi, saya yakin pantai Madasari ini akan jadi tujuan wisata alternatif yang layak di kunjungi bagi wisatawan lokal, selain pantai Pangandaran tentunya.

tebing karang yang berbahaya, biasa dipakai tempat mancing ikan oleh nelayan setempat

hanya satu kekurangan pantai Madasari, space pantai landai yang cocok untuk berenang sangat terbatas.

Sekian untuk pantai Madasari, nanti aku akan coba tulis Pangandaran part 2 (Pantai Batu Hiu). Oh ya bagi yang kebetulan sudah sering ke Pangandaran, jangan lepaskan peluang untuk mengunjungi pantai Madasari ini, gak bakalan rugi...hehe.

17 comments:

  1. Masih lagi konfius..di manakah letaknya pantai ni..bagi kami tourist from msia..what is the best suggestion route utk ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. JM konfius ? aku juga lebih konfius, bagaimana nulis blog yang baik dan lebih informatif..hehe.. mohon maklum, blogger pemula lah. OK, pantai Madasari ini masih di Pangandaran, JM pernah ke Bandung ? dari Bandung boleh sewa mobil (kereta) ke Pangandaran. Jarak Bandung-Pangandaran adalah kurang lebih 200 km bisa ditempuh sekitar 5 jam (maklum tak ada tol dan jalan..JM tahu lah jalan di Indonesia). Di Pantai Pangandaran ini lah pusat tumpuan parwisata, segala fasilitas sudah lengkap seperti hotel, retoran dan sebagainya. Adapun pantai Madasari ini adalah bukan tempat Pelancongan. jarak dari Pantai Pangandaran adalah 30 km saja (jarak tempuh 1 jam). tak banyak yang tahu ada pantai ini. Kalau JM ada masa boleh ke Pangandaran dan boleh berkunjung ke pantai Madasari. mungkin JM jadi Turis Malaysia pertama yang singgah ke Pantai Madasari. sekian, btw masih confius ??? hehe... aku pula bingung memberi penjelasannya.. Oh ya kalau JM tidak mau sewa kereta, ada Bus dari terminal Bus Cicaheum bandung langsung menuju ke Pangandaran, tiket sekitar Rp50.000,-

      Delete
    2. Ahaaaaa baru ngak confius dong ehh betul ke bahasa JM ni heeee
      Penerangan yg jelas dan panjang lebar jelas terang dan nyata barulah faham. Terima kasih mas heeee

      Delete
    3. http://www.mywisataku.blogspot.com/ paket wisata murah bandung pangandaran

      Delete
  2. betul bahasa JM nih, sudah kayak orang Jakarta juga gaya bahasanya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahakssss coz ramai org dari indonesia d msia so bisa ngomong sikit2 pada masa yg sama byk saluran tv menyiarkan telenovella dari sana :-)

      Delete
  3. wah jm.. mgomongnya sudah seperti indonesia, mesti selalu tgok senetron he..he :P

    ya mas, pemandangan cantik sekali..sekali pandang mcm di bali..
    tambah2 waktu sunset :P

    nice shoot bro :P

    ReplyDelete
  4. Pantai Madasari memang indah, tapi ngak banyak pelancong ke pantai ini. Aku pun ke pantai ini sebab ada saudara tinggal di dekat pantai ini.

    nice shoot ya ?? hehe... foto2 itu hanya pakai kamera digital otomatis biasa, maklum aku bukan fotografer

    ReplyDelete
  5. http://www.mywisataku.blogspot.com/ paket wisata murah bandung pangandaran

    ReplyDelete
  6. mas, mau nanya..possible nggak untuk jakarta-garut-pangandaran untuk 4 hari dengan public transport??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lambat respon, busy..hehe. Possible saja mbak Zilla, Public transport (Bas) ke Pangandaran ada tersedia di terminal kampung rambutan setiap jam 8 pagi dan jam 5 sore. Untuk ke Kampung rambutan, dari Soetta Airport tinggal naik Damri, ada setiap masa. Dari terminal kampung rambutan ada juga Bas ke Garut. Tapi dari Garut tidak ada Bas jurusan ke Pangandaran. Jarak tempuh Kampung rambutan ke Pangandaran 350 km waktu tempuh sekitar 12 jam ...hehe. biasa jalan kecil berkelak-kelok kendaraan padat. tapi jalan lumayan bagus tidak banyak yang rusak. Garut tidak satu jalur dengan Pangandaran, jalan berlainan. Yang satu jalur dengan Pangandaran adalah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar.

      Delete
  7. Pantai Madasari memang indah, akses bagus, dan masih alami banget.

    oh ya. kemarin saya lihat acara adventura di TRANS TV. lihat Ruben Onsu, Biebie Dkk main body rafting di Green Cayon Pangandaran. Pemandangannya keren banget. Aku jadi pengen nyoba body rafting di sana. Paket body rafting itu, berapa biaya per orangnya Mas ?

    ReplyDelete
  8. Harga bodyrafting green canyon 1jt/paket /org.informasi Hp:081225665344 Jnol green canyon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksdnya 1 paket 5 orang.

      Delete
    2. murah tuh kang Ninim. paket segitu sudah termasuk makan siang dll kan ya ?

      Delete
  9. Pantai Madasari yang sepi sungguh pas untuk melepas penat...

    ReplyDelete