Wednesday, November 4, 2015

Liburan Sederhana di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Beruntung menjadi wagra Kota Hujan Bogor. Bukan saja karena punya Walikota muda yang membawa perubahan. Bukan saja karena Bogor lebih sering hujan dibandingkan dengan daerah lain. Yang pasti, beruntung karena di tengah-tengah kotanya ada Kebun Raya. Ibarat Oase di tengah kota. Saya sebagai warga kota Bogor kalau mau sekedar liburan sederhana bersama keluarga tidak perlu jauh-jauh, cukup ke Kebun Raya Bogor. Dekat, murah dan mengasyikan.

Biasanya saya kalau jalan-jalan ke Kebun Raya suka lewat pintu 1 atau gerbang utama, di dekat Pasar Bogor. Tapi terkahir ke sana saya coba lewat pintu 4 di seberang Botaniq Square (Boker) Mall, lebih tepatnya di seberang Kampus IPB Baranangsiang. Dan ternyata lebih enakan lewat Pintu 4 dibanding lewat pintu 1. Mobil bisa diparkir di Boker atau IPB. Kita tinggal jalan kaki dikit dan nyebrang jalan. Nyebrangnya masuk terowongan bawah tanah. Yang unik, di dalam terowongan dipajang lukisan dan foto-foto Kota Bogor. Jadi seperti galeri Seni saja. Kreatif.

Tiket masuk kebun raya masih terhitung murah. Hanya Rp14.000,-/orang untuk turis domestik dan Rp25.000,-/orang untuk turis mancanegara. Dengan harga segitu kita belum tentu bisa mengexplore seluruh kawasan kebun raya. Luas banget kebun raya ini. Capek juga kalau mau dikelilingin semua. Hampir 100 ha luasnya. Dan setiap sudut adalah menarik dan dibuat tema-tema tertentu. Ada taman Mexico, taman air, taman anggrek, dan taman-taman lainnya. Kalo mau info tentang Kebun Raya silakan cari di Wikipedia. Lengkap informasinya. 



Pedestarian yang luas di depan Kampus IPB Baranangsiang Bogor

Perlu masuk terowongan ini untuk nyebrang ke pintu 4 KRB 

Banyak foto dan lukisan di dinding terowongan. Mirip galeri seni.

Pintu 4 KRB. Lebih sepi dibandingkan Pintu 1 Gerbang Utama.

Harga tiket masuk KRB. murah ?

Peta situasi KRB dan Istana Bogor. Banyak spot menarik di setiap sudutnya.

Masuk pintu gerbang 4, jalan dikit ternyata tiba di belakang "cafe de daunan"

Patung-patung menarik di depan "cafe de daunan"

Bersama istri tercinta di KRB 

Gelar tikar, buka bekel makanan, terus makan bareng di bawah pohon. Sesuatu banget.

Salah satu sudut KRB yang nyaman dan teduh.


Taman Air KRB.


Ngak ada apa-apa sih di KRB, selain taman dan koleksi pohon-pohonan yang lengkap dan banyak. Tapi suasananya yang teduh dan nyaman membuat asyik buat anak-anak bermain. Sekedar liburan sederhana. Murah meriah.


38 comments:

  1. Seru banget bisa main bareng keluarga :-D
    Quality time :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mas Rullah. Saya bahagia punya waktu luang jalan sama keluarga. Makasih ya.

      Delete
  2. Replies
    1. Terinfirasi juga sama Pak Lim yg bahagia selalu bersama keluarga.

      Delete
  3. Murah juga fee masuk sini...Untuk orang asing murah tak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak mahal buat turis asing tiketnya Pak Lim. 25.000/orang

      Delete
  4. Moga sihat di sana...lama tak lawat blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun sibuk. Jarang tengok blog sahabat. Update blog sendiripun sudah jarang jarang Pak Lim.

      Delete
  5. Replies
    1. Aamiin mudah mudahan pak Lim sekeluarga juga sehat selalu. Betul pak Lim, mancanegara itu luar negara

      Delete
  6. Untunglah... asap tidak sampai ke Bogor. Kalaulah taman ini ada autumn...bayangkan cantiknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawa memang jauh dari asap Pak Mie. Alhamdulillah.
      Iya Pak Mie, autumn tidak pernah ada di Bogor...hehe. Yang ada hujan dan hujan saja..

      Delete
  7. Kebun Raya Bogor? menarik ni..untung Mas Gunadi sbb org Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebun Raya = Botanical Garden, Mbak JM.
      Kebun Raya Bogor antara Kebun Raya tertua di Asia Tenggara katanya.

      Delete
  8. Menariknya Taman Raya Bogor ni...bayaran masuk pun murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah kalau dibandingkan masuk Taman Safari Bogor..hehe.

      Delete
  9. kalau luas mcm tu boleh sesat tak ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sesat kalo Mbak JM jalan sendiri. Kalo jalan dengan saya ngak akan sesat Mbak JM.. hehe.

      Delete
  10. seronoknya dapat berkhemah mcm tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak boleh berkemah Mbak JM, hanya gelar tikar dan makan-makan saja.

      Delete
  11. hi bruh ☺
    I'm newbie and please support me
    smartiesmoo.blogspot.kr

    ReplyDelete
  12. cantik sekali..memang Bogor tempat menarik untuk dilawati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Kak Nieda. Banyak tempat menarik di Bogor. Ada waktu, Kak Nieda boleh wisata ke Bogor...hehe.

      Delete
  13. Kalau ke Bogor saya selalu pengen lari pagi di kawasan Kebun Raya Bogor, tapi kawasannya buka jam 8. Jadinya saya cuma selalu bisa mengitari kebun raya bogor dari luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam 8 juga masih pagi Mas CIpu. Kebun Raya masih kosong juga jam 8 ..hehe.

      Delete
  14. Kalau main ke Kebun Raya sampeyan udah biasa, sekali2 lihat kebun rayanya dari Istana Bogor dong mz hehehe. Sudah pernahkah? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sekali saya masuk istana Bogor tapi acara formal mas Adie..hehe.

      Delete
  15. Tempat nyer cantik... bayaran pun murah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah memang Bang, cocok untuk liburan keluarga.

      Delete
  16. boleh masuk kan dalam list ni jika berkunjung ke sana :D

    ReplyDelete
  17. Manca negara tu ape gun? Hehe... cantikla area sekitar cafe tu... bila minum ptg2, enak sekali.

    ReplyDelete
  18. Manca negara tu ape gun? Hehe... cantikla area sekitar cafe tu... bila minum ptg2, enak sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mancanegara itu luar negara. Atau turis asing atau foreign tourist semacam itu lah Kak Farikica

      Delete
  19. Terakhir saya ke Bogor terowongan itu masih "menakutkan" untuk dilewati, :)
    Syukurlah ternyata pak walikota muda ini perhatian dan membuat pedestrian cantik dan aman buat dilewati. Dulu saya saya sering jumatan di masjid yang ada deket pintu samping gereja.

    ReplyDelete