Tuesday, June 24, 2014

Bubur Ayam Ikhlas dan Memberi Makan Kijang Istana Bogor

Kijang Totol Istana Bogor.

Liburan murah meriah bagi warga kota Bogor adalah jalan-jalan ke Istana Bogor, ngasih makan wortel atau kangkung untuk kijang-kijang Istana. Gratis dan menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Istana Bogor dibangun tahun 1744 (jaman Belanda).  Yang menarik dari Istana ini adalah adanya kijang yang jumlahnya ratusan entah ribuan, ngak pernah ngitung, tapi yang jelas banyak banget. Kijang totol ini aslinya didatangkan dari Nepal. Sampai sekarang terus berkembang biak dengan baik dan sudah disebarkan kemana-mana termasuk ke Istana Tampak Siring Bali dan Taman Monas. Masyarakat tak bisa masuk sembarang waktu ke Istana Bogor. Hanya pada momen-momen tertentu saja Istana Bogor boleh dikunjungi oleh masyarakat umum. Biasanya pas momen Ulang Tahun Kota Bogor. Atau pas ada momen "Istana Open". Tapi itupun tidak mudah, karena pengunjung harus daftar dulu dan jumlah pengunjung dan waktu kunjungan juga dibatasi. Pengambilan foto di dalam Istana juga dibatasi. Jadi ya bagi saya, menikmati keindahan Istana Bogor, cukup ngasih makan kijang diluar pagar Istana saja.



Siap-siap menuju Istana Bogor. Waktu tempuh dari rumah ke Istana Bogor 30 menit saja.
Sebelum ke Istana Bogor, makan bubur ayam dulu di Jambu dua. Bubur ayam Mas Hadi Ikhlas memang enak. Hanya bubur ayam mas Hadi ini, yang rasanya bikin ketagihan.
Ini set bubur ayamnya. Sate ati-ampelanya memang paling enak.
Selesai makan bubur, baru ke Istana Bogor. jangan lupa beli kangkung dan wortel untuk ngasih makan kijang totol Istana. Harganya seiket hanya Rp1.000,- saja. Hadeuuhh.... posisi duduk Teteh tukang jualan wortel ini ngak jelas banget deh..hehe.
Kijang dewasa tanduknya banyak.
Kasih makan kangkung dikit-dikit biar lama..
Lama-lama banyak juga kijang yang minta dikasih kangkung
Ada kereta kuda juga untuk mengelilingi kawasan Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Harga sewa ngak tahu soalnya ngak naik dan ngak nanya juga.

Halaman belakang Istana Bogor (sumber : Google)

8 comments:

  1. Cantik cantik lah kijang di Istana Bogor tu Mas...tak perlu ke Jepang lagi...badan nya da tompok2 puteh..tapi sayang idak boleh di belai in..hanya boleh bagi makan di luat pagar aja...

    Kijang dan Ruda ngak sama ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak JM yang comel. kita tidak boleh masuk ke dalam Istana Bogor kecuali ada acara "Istana Open" jadi hanya bisa belai-belai kijang dari luar pagar saja. Kijang itu = Rusa, sama saja Mbak JM.

      Delete
  2. Saya kok gak pernah sadar yah kalo bisa kasih makan kijang dari luar pagar, padahal saya sering ke Bogor lho :)

    Pengen nya sih masuk ke dalam istana Bogor hehehe, apa bisa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..Mas Cipu harusnya coba kasih makan Kijang Istana itu, lucu-lucu lho Kijangnya..hehe. Kalau pengen masuk Istana harus nunggu moment "Istana Open" dan harus daftar dulu. Saya pernah masuk, asyik lho di dalam istana itu banyak lukisan-lukisan gituan..hehe. dan banyak patung-patung.gituan juga Mas Cipu. sayang ngak boleh difoto.

      Delete
  3. Wah.. tak perlu jauh-jauh sampai ke Nara, di sini pun banyak rusa...

    Tukang jualan... duduknya kok kayak gitu... mas Gunadi... kamu sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak Mie. kalau hanya rusa, memang banyak di Bogor juga tapi sakura kan ngak ada, ingin juga ke Jepun kalau ada uang kan ?

      hehe... posisi duduk tukang jualan itu memang mengherankan..hehe. Pak Mie sih, ada ada saja.

      Delete
  4. Replies
    1. Best lah Pak Lim kalau hanya sekedar untuk hiburan anak-anak murah meriah gitu. gratis kan..

      Delete