Wednesday, April 16, 2014

Ayo ke Sulawesi Utara Part 2 : Tomohon - Danau Linau - Danau Tondano

Patung Biksu ? mungkin ada makna yang teramat dalam dibalik mimik muka dan gerakan tangan patung biksu yang seram dan lucu ini...

Setelah sebelumnya puas menikmati kawasan laut Sulawesi Utara Klik Sini. Hari ketiga di Sulawesi Utara (20 April 2013) saatnya kita menikmati kawasan pengunungan dengan mengunjungi kota Tomohon, Danau Linau dan Danau Tondano. Diiringi cuaca yang sangat cerah kita berangkat dari Quality Hotel jam 7.00 WITA menuju Kota Tomohon. Jarak kota Manado ke kota Tomohon sekitar 25 km. Hanya 1 jam saja kita sudah sampai di Kota Tomohon yang terletak di kaki gunung Lokon. Gunung berapi yang masih aktif. Cuaca di Tomohon cukup sejuk dan nyaman. Udaranya juga masih segar. Kota Tohomon terkenal dengan julukan kota bunga. Kok julukannya sama dengan kota Malang dan Bandung ya ? mungkin sama-sama kota yang letaknya di pegunungan, jadi banyak tumbuh tanaman berbunga.
 
Destinasi pertama adalah Vihara Budhayana atau Klenteng Tomohon. Di Tomohon kita lebih gampang nemukan gereja atau klenteng dibandingkan mesjid. Penganut agama kristen cukup dominan di Tomohon.
Kolam Naga di halaman klenteng Tomohon dengan latar belakang Gunung Lokon. Keadaan di dalam kelenteng sebenarnya menarik, hanya waktu itu klenteng sedang ditutup. Sayang, jadi ngak bisa masuk ke dalam.
Anak-anak Tomohon. Saya tidak menemukan anak-anak yang jadi pengemis di Tomohon.
Destinasi kedua : Danau Linau yang indah dan nyaman damai.
Warna air danau yang hijau keputihan. Danau ini mungkin bekas gunung berapi, soalnya di beberapa bagian masih mengeluarkan uap panas dan bau belerang.

Destinasi ketiga : Danau Tondano. Danau terluas di Sulawesi Utara ini banyak dimanfaatkan penduduk setempat untuk budidaya ikan air tawar. Danau ini banyak dipenuhi eceng gondok.





Makan siang di restoran di atas Danau Tondano. Makanan memang super enak..nak..nak.. Ikan bakar dan ikan goreng dikasih sambel pedas khas Manado memang enaknya ngak ketulungan.
Yang aneh di Manado. Pisang goreng dimakan dengan sambel ikan teri....rasanya ??? enak banget. Makanan Manado ternyata enak-enak semua.
Setelah makan siang di Danau Tondano, kita kembali ke kota Manado untuk beli oleh-oleh khas Manado. Tempat membeli oleh-oleh khas Manado adalah Grand Merciful Building Manado. Oleh-oleh apa saja ada di sini seperti makanan ringan (kerupuk, kripik, kacang-kacangan, dodol, dsb), kaos oblong Manado, dan makanan khas Manado yang paling terkenal yaitu Klapertart. Bagi yang belum tahu Klapertart...kasihan deh loe..hehe silakan cari info di mbah Google saja. sorry ngak  ada foto. Klapertart asli Manado memang lebih enak dari klapertart Bogor atau klapertart Bandung.

Destinasi keempat : Grand Merciful Building Manado. Di sini pusat oleh-oleh khas Manado, kripik Manado, baju Manado, klapertart Manado bahkan sampai rumah panggung khas Manado dijual disini..hehe

Bangunan yang luas dan dipenuhi aneka barang oleh-oleh khas Manado.
Pegawai toko menunjukan keahliannya main musik kolintang. Alunan suara kolintang mirip suara arumba kalau di Jawa Barat.

Setelah selesai beli oleh-oleh, saatnya kita ke Bandara Sam Ratu Langi. Maka berakhirlah study tour ke Manado ini. Saya sangat terkesan dengan kemajuan pariwisata di Sulawesi Utara. Mudah-mudahan statment 4B yang melekat di Manado tidak berkorelasi negatif terhadap pariwisata Manado dan Sulawesi Utara. Suatu saat nanti, mungkin saya berkunjung lagi ke Menado, bukan untuk mendapatkan 1B yang tersisa tapi untuk menikmati 3B yang memang mengasyikan.

Pemandangan Kota Manado, Gunung Manado Tua dan pulau Bunaken dari Garuda.
Bye-bye Manado...see you next time

15 comments:

  1. Klenteng kalau di Msia dipanggil tokong Cina...

    Ternyata banyak tempat yang menarik di Manado ini... sayangnya AA belum mahu ke sana lagi...

    ReplyDelete
  2. oh..Tokong Cina ya ? memang tempat ibadah orang Cina klenteng tu.
    Banyak tempat menarik di Manado pak Mie. ingat Manado teringat 4B..hehe. terutama B nomor 2 yang belum sempat diterjah..hehe.

    ReplyDelete
  3. ternyata pulau bunaken ya jauh ya dari kota manado.
    itu patungnya serem bgt :(
    kalo ga salah di tomohon ada pasar yg menjual aneh2 itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunaken dekat saja dari Manado, ngak sampai setengah jam sampai kok naik kapal laut.
      Patung memang banyak berjejer di klenteng Tomohon, kadang kelihatan serem tapi kadang kelihatan lucu..hehe
      Ada yang jualan daging-danginan segala macem daging..hehe. aku mah ngak minat lihatnya juga. kang Dede.

      Delete
  4. Terkejut tengok patung tu ? Hidup ye...Pasti menarik jika ke Sulawesi Utara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. patung itu kalau hidup pasti seram Pak Lim. Aku pikir patung itu adalah biksu yang kena kutuk Dewa. ternyata itu patung Dewa versi pelik..hehe.
      Sulawesi utara memang menarik Pak Lim, 1 destinasi wajib yang tidak sempat saya kunjungi adalah Bukit Kasih, tempat simbol kerukunan dan toleransi 5 agama di Sulawesi utara.

      Delete
  5. kolam Naga di halaman klenteng Tomohon dengan latar belakang Gunung Lokon..cantik sekali mas.. maaf mas kalau bisa dibesarkan zaiz gambar..lagi senang mnghayati panoramanya he..he.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar pemandangan memang cantik, lagi cantik kalau pemilik blog tak menghalangi pemandangan ya..Bang Sobri..hehe. :D

      Delete
  6. Tidak ada pengemis ? sungguh luar biasa. beda dengan makam keramat atau makam sunan-sunan yang biasanya berhias dengan pengemis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya di Manado dan Tomohon memang ngak ada pengemis mas DB, bukan hanya di kawasan Klenteng, di perempatan lampu merah dan di tempat-tempat lain juga ngak ada pengemis atau pengamen. Ngak tahu juga apa pas aku lewat saja ngak ada ?? hehe.

      Delete
  7. Patung Biksu dan kolam naga.. bagus bangat tu menarik.. D
    Keadaan yang masih baik.. makanan kampung yang enak.. Bila la mau ke sana ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patung biksu, kolam naga, makanan memang semua di Sulawesi Utara agak pelik Bang TT Boy (copy panggilan dari JM..hehe). Setelah puas keliling afrika Eropa dan tempat2 lain yang jauh. Bang TT Boy boleh cuba melancong ke tempat yang dekat-dekat. Bogor boleh jadi destinasi pertama Bang TT boy kalau ke tanah jawa...hehe.

      Delete
  8. Mas Gunadi : ke Manado Sulawesi UTara?..terus JM google cari MAP sbb JM ni georgrafi lulus nya bukan terbaik..Sayang sbb nya Air Asia belum buat route ke sana melainkan perlu ambik fligh ke Jakarat atau Bandung then baru boleh ke sana..ada ada cadangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. saya yakin walaupun mbak JM geografi bukan lulusan terbaik tapi pelajaran menulis cerita mesti mbak JM lulus terbaik. oh ya ke Manado memang harus terbang dari Jakarta.

      Delete