Monday, April 7, 2014

Ayo ke Sulawesi Utara Part 1 : Bunaken Manado Tua

Snorkling di Taman Nasional Laut Bunaken Manado Tua

Alhamdulillah akhirnya keinginan saya untuk menikmati keindahan alam bawah laut "Taman Nasional Laut Bunaken Manado Tua" tercapai juga. Terima kasih Pak Bos kantor yang mengajak saya ikut study tour ke sana. Bukan apa, status saya waktu itu yang masih dalam tugas belajar, memang agak dipertanyakan boleh tidaknya ikut kegiatan kantor ini. Asyik memang study tour ke Manado, lebih banyak tour-nya daripada study-nya...wew. Selama 3 hari disana dari tanggal 18-20 April 2013 (sudah setahun yang lalu), aku cukup terkesan dengan suasana kota Manado yang cukup ramai dan nyaman. Maju juga rupanya kota-kota di Bagian Timur Indonesia ini. Perjalanan ke Manado cukup jauh, hampir 3 jam dari Jakarta naik pesawat Garuda (hampir sama dengan waktu tempuh ke Bangkok). Untung pesawat Garuda menyediakan fasilitas layar sentuh untuk main game atau sekedar nonton film. Oh ya, Orang bilang kalau ke Manado harus dapat 4 B : Bubur, Bibir, Bunaken, Bulevard. Alhamdulillah hanya dapat 3 B saja, B no 2 belum kesampaian...hehe.

Kabin pesawat Garuda Indonesia, cukup mewah. Dapat makan, snack, minuman yang terus terusan ditawarin. 3 jempol untuk pelayanan dan fasilitas Garuda Indonesia.

Rombongan kantor keluar dari bandara Sam Ratu Langi Manado menuju Bus jemputan.
Di dalam Bus Pariwisata. Tour Guide kami itu yang di depan namanya Andre. Panggilannya Nyong Andre. Nyong = Mas = Kang dalam bahasa Manado..
Kita menginap di Quality Hotel, hotel berbintang 4 yang nyaman dan letaknya strategis dekat dengan teluk Manado dan jalan Bulevard. Untuk melihat segala fasilitas hotel ini secara lengkap silakan Klik di sini.

Pintu masuk Quality Hotel Manado.
Hari pertama dihabiskan untuk acara study.. jadi ngak akan saya ulas. Bukan apa-apa, karena Blog ini khusus untuk traveling jadi skip saja urusan study mah, nanti ngak nyambung kan..hehe. Hari kedua, nah ini hari yang paling mengasyikan. Acaranya snorking ke pulau Bunaken. Katanya alam bawah laut Taman Nasional Bunaken Manado Tua ini adalah salah satu tempat Diving terbaik di dunia dengan keanekaragaman terumbu karang dan jenis ikannya. Sayang saya ngak bisa Diving. Yah cukup lah hanya snorkling saja.

Pagi yang cerah di dermaga wisata di Teluk Manado. Untuk menuju Pulau Bunaken perlu naik perahu wisata dari dermaga ini. 


Bersama Nyong Andre, tour guide kami selama di Manado. Lucu orangnya. Apalagi kalau pas cerita yang lucu-lucu. Walaupun ceritanya suka agak garing tapi lucu juga dengerin logat bicaranya dan yang paling lucu kalau dia cerita, suka ketawa duluan dia, padahal peserta ngak ada yang ketawa....hehe. Sorry Nyong Andre ya..
Di belakang aku itu adalah Gunung Manado Tua. Gunung api yang menyembul langsung dari dasar laut.

Sampai di perairan Pulau Bunaken. Air laut yang jernih membuat pemandangan bawah laut yang indah dapat langsung terlihat dengan mata telanjang dari atas perahu.

Di kapal wisata ini kita bisa lihat keindahan bawah laut dari kaca yang disediakan di tengah kapal.
Kelihatan ngak ikan laut dan terumba karangnya ? indah bukan ?
Sebenarnya banyak ikan beraneka ragam bisa dilihat waktu kita snorkling. Tapi kalau lagi ngasih makan roti, memang hanya ikan jenis ini yang ngerubutin. Ikan lain ngak suka roti kali ya ?
Di dalam kapal selam dinding kaca. Dari Kapal selam ini sangat jelas kelihatan keindahan alam bawah laut Taman Nasional Bunaken Manada Tua. Sayang kapal selam ini cuma bisa nyelam setengah badan dan ruangannya juga terlalu sempit. jadi desak-desakan.
Pemandangan dari dalam kapal selam. Banyak banget ikannya kan ? Oy ya, keunikan alam bawah laut Bunaken adalah adanya tebing vertikal yang tinggi banget. Terumbu karang yang tumbuh di tebing ini lah yang pemandangannya sangat indah dan hanya bisa dinikmati kalau Diving.
Dermaga Pulau Bunaken. Ternyata bagian daratan Pulau Bunaken ini tidak istimewa, pantainya pun tidak cantik. Berbeda dengan lautnya. Alam bawah lautnya itu yang memang cantik.
Makan di Nelson restoran. Makanan laut ini kebanyakan memang khas Manado. Enak banget banget banget..hehe. Perpaduan ikan yang masih fresh dan bumbu rempah yang khas. Pokoknya nendang banget deh.
Cuaca yang kurang baik pas waktu pulang. Mendung, berangin dan hujan rintik-rintik. Alhamdulillah ngak sampai kena badai.

Jangan tanya berapa biaya untuk snorkling, makan, sewa perahu, dan lain-lain. Semua gratis soalnya. Jadi saya tidak tahu apa-apa. Tapi kalau kalian mau ke Manado dan perlu tour guide silakan hub Nyong Andre saja, ini nomor HP nya +62-81356751366. Sampai sini dulu, nanti sambung part 2 ke Kota Tomohon dan Danau Linau.


20 comments:

  1. Wah bestnya. Masakan boleh dapat bibirnya. Tak sabar menunggu entri anda seterusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entry tentang bibir tak akan ada Pak Lim..hehe...

      Delete
  2. Ada bulevard kah? Ingin saya melihatnya sekali. Mana tahu boleh dapat bibir di sana? Bibir di sana cantik2 ye. Anak kacukan. Rezeki di tangan tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewek Manado memang cantik-cantik, putih-putih dan bibirnya itu seksi-seksi..hehe.. kalau Pak Lim penasaran dengan Bibir Manado. sila pak Lim ke Manado..ya.

      Delete
    2. Sewa kapal bunaken termurah dimanado hanya RP.1.000.000 untuk maksimal 15 orang udah dapat Kapal PP DAN include kapal katamaran serta di antar kespot2 snorkling dan diving bisa langsung hubungi BAPAK SANDY 085240296655 tour gaide Asli orang bunaken dan profesional pula

      Delete
  3. Apa maksudnya bibir di situ??

    Untungnya mas Gunadi... semuanya gratis...

    Dulu Airasia ada penerbangan ke Manado... belum sempat mahu ke sana sudah stop... huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bibir seksi itu "sexy lip" hehe... tak tahu lah bahasa melayu apa.. memang Manado itu ceweknya cantik dan beribibir sexy Pak Mie.. kurang penumpang rupanya jalur AA KL ke Manado itu. maklum jauh...Pak Mie, dari Jakarta saja 3 jam.

      Delete
  4. Onkos naik pesawatnya berapa ya ? tiga jam mah terasa sebentar karena aku sering naik bisa 12 jam lebih. sampai patat terasa panas. Pemandangan bawah lautnya sungguh luar biasa, beda dengan ancol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ongkos pesawat gratis Mas DJ dibayarin kantor..hehe. Pemandangan bawah laut memang luar biasa tapi kalau mas DB pernah snorkling di Pulau Seribu Utara (sonohnya Ancol..hehe). Saya masih bisa katakan alam bawah laut Kep Seribu masih lebih bagus. Mungkin spot snorkling yang di Bunaken waktu itu memang bukan spot terbaik.

      Delete
  5. Maksudnya sering naik bus lo, bukan pesawat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 12 jam naik bus ?? hehe saya sering juga malah pernah 8 jam naik bis ngak kebagian kursi dan cuma berdempet-dempetan di lorong tengah bus. pas lebaran waktu itu. lumayan ternikmati juga.

      Delete
  6. kalau fasilitas garuda sih no comment, itu kelas bisnis kah?
    baru tau kalau ke Manado harus dapat 4B, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kelas ekonomi Mas Andika. Kelas ekonomi di Garuda memang dapat makan, snack dan minum gratis kan ?. Yups kalo belum dapat 4B harus diulang..hehe.

      Delete
  7. Jadi pingin kesana sobat. Soalnya jago banget kalau masalah diving, hehe. Kebetulan saya sebetulnya juga punya teman di Manado, Dulu lulus dari STPN ditugaskan disana sampai sekarang. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups ke bunaken memang harus diving, kalau cuma snorkling kayaknya kurang lengkap. aku ngak bisa diving soalnya..hehe. Kalo ada teman di sana bisa dimanfaatkan tuh...

      Delete
  8. Ehh.Mas..bibir siapa yang kepingin..sedap kah utk di makan...heee

    Bestnya dapat snorkeling..best aaa dpt g tour dan semua gratis giteww..dulu ngak tahu jgk apa itu gratis tetapi setelah pulang dari Bandung baru tahu :-)

    ReplyDelete
  9. pasal bibir itu sila skip ye mbak JM..hehe. Mbak JM suka snorkling ? wah kalau Mbak JM snorkling mesti banyak ikan ensem menghampiri mbak JM..hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahahaah..mas Gunadi ni boleh masuk rancangan Maharaja Lawak lah..KELAKAR sgt..tergelak JM sampai terguling2 heee..ikan ensem katanya hahaha

      Delete
  10. Ini ada paket paling murah dimanado ,sewa kapal maksimal 15 orang dengan harga Rp.1.ooo.ooo PP sudah include dgn kapal katamarn dan di antar kespot2 snorklingnya dan spot divingnya bisa langsung hubungi pak sandy 085240296655

    ReplyDelete
  11. Ini ada paket paling murah dimanado ,sewa kapal maksimal 15 orang dengan harga Rp.1.ooo.ooo PP sudah include dgn kapal katamarn dan di antar kespot2 snorklingnya dan spot divingnya bisa langsung hubungi pak sandy 085240296655

    ReplyDelete